Kisah Inspiratif Azim Premji

Kisah Inspirasi Para Pelaku Shalat Dhuha

Kisah Inspirasi - Shalat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada waktu dhuha. Shalat Dhuha selain sebagai bukti rasa syukur kepada Allah, Shalat Dhuha juga mempunyai berbagai manfaat seperti bernilai shadaqah, menghapus dosa, dan melancarkan rezeki. Banyak tokoh-tokoh di dunia yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia karena ketekunannya dalam mengamalkan Sholat Dhuha dalam kehidupan sehari-harinya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel menarik mengenai kisah inspirasi para pelaku shalat dhuha. Berikut salah satu Kisah Inspirasi Para Pelaku Shalat Dhuha yang saya ambil dari salah satu buku di perpustakaan.

Dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia versi majalah Forbes tahun 2008, empat dari posisi teratas ditempati oleh orang-orang India. Sedangkan secara keseluruhan, India berhasil menempatkan 53 orang-orang kayanya dalam jajaran prestis tersebut. Salah satu dari para pengusaha kaya itu adalah Azim Premji.

Azim Premji adalah seorang pengusaha sukses yang pernah beberapa kali menduduki peingkat pertama orang terkaya di India. Ia juga pernah disebut-sebut oleh Wall Street Journal sebagai pengusaha muslim terkaya di dunia tahun 2007, mengalahkan para “juragan minyak” dari Arab Saudi. Walaupun ada embel-embel “muslim” dalam jajaran tersebut, Azim Premji sendiri mengaku bahwa ia datang dari keluarga muslim yang sekuler.

Premji sendiri lebih senang melihat dirinya sebagai orang India daripada orang dari keyakinan tertentu. Ia juga tak pernah menggembar-gemborkan identitasnya sebagai seorang muslim. Bahkan, ketika almarhum ayahnya diminta oleh M. Ali Jinnah untuk pindah ke Pakistan, sang ayah pun menolak karena ia tidak melihat satu alasan pun untuk pindah dari suatu Negara ke Negara lain karena masalah keagamaan. 

Kesuksesan dari seorang muslim sekuler tersebut tak lain adalah langkah besarnya dalam mengubah perusahaan keluarga yang memproduksi minyak sayur menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di India, Wipro Ltd (dahulu bernama West India Vegetable Products). Sarjana teknik mesin lulusan Stanford University ini percaya bahwa orang biasa mampu melakukan hal-hal yang luar biasa. Tampaknya itu adalah salah satu faktor yang menyebabkan dirinya bis memimpin perusahaannya untuk mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam maupun dari luar negri.

Seperti halnya Bill Gates, Warren Buffet, dan orang-orang terkaya lain, kesusesan Premji dalam berbisnis membuatnya tergerak untuk mendirikan suatu yayasan amal yang bergerak dalam bidang pendidikan. Tahun 2001 lalu, ia mendirikan Azim Premji Foundation yang bertujuan untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi anak-anak di India. Dengan dasar bahwa masa depan anak-anak adalah masa depan negaranya, dan yayasan miliknya kini telah membantu ribuan sekolah yang ada di Negara tercintanya itu.

Terlepas dari kesuksesan Azim Premji, ia bisa disebut sebagai salah satu ikon bagi pengusaha muslim di dunia untuk bersaing dalam bisnis. Nilai-nilai entrepreneurship yang telah ditanamkan oleh Nabi Muhamad Saw. seharusnya bisa diterapkan oleh pengusaha-pengusaha muslim seperti Premji, agar nantinya bisa menjadi berkah dan rahmat bagi semua makhluk di bumi ini.

Kita dapat menerapkan prinsip perniagaan sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. dengan cara melaksanakan shalat Dhuha. Shalat Dhuha merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan, selain sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah, hal in juga membantu mempermudah kita dalam usaha mencari rezeki-Nya. Prinsip inilah yang diterapkan oleh Premji dalam membangun bisnisnya. 

Kisah Inspiratif Azim Premji Kisah Inspiratif Azim Premji Reviewed by Raizal on Juli 05, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.